Kamis, 28 Februari 2013

Jadi penulis? Realistis aja deh 1


Dulu gue sempet posting gimana sejarahnya tentang semua tulisan ini. Kali ini juga,gue mau posting kisah lanjutanya. Iya, berawal dari minat gue yang bawaannya suka cerita, gue jadi suka nyeritain apapun (hal ngenes dan hina) yang gue alami setiap saat kepada orang2 sekitar. Karena hobby itulah, gue jadi demen buat nulis. Karena apa? karena kalo kita cerita secara lisan, suatu saat orang bisa aja lupa ama apa yang udah kita bicarakan sebelumnya. Tapi kalo kita mau menuliskan cerita kita, orang nggak bakal lupa karena mereka pasti memperhatikan setiap detail tulisan kita. So jika mereka lupa.. ya tinggal buka aja tulisan kita lagi. Itulah kesaktian sebuah tulisan kawan.  Tulisan itu adalah mesin waktu yang sesungguhnya. Karena tulisan mampu membawa cerita2 masa lalu untuk dipelajari oleh generasi penerus kita di masa depan..(angkat sebelah alis)

Meskipun sampe saat  ini gue cuma punya modal "niat" tanpa "ilmu", sehingga tulisan2 gue jadi random banget. Misal awalnya niat nulis kisah2 percintaan gue gitu, tapi endingnya bisa bablas ke cerita soal Kamen Rider lawan Naruto.. iya.. random banget.. itu lah kenapa gue pengen nulis setiap detail cerita2 gue selama kuliah, biar kelak cerita2 itu bisa jadi satu bukti bahwa gue bisa menikmati setiap detail impian gue yang mampu gue capai agar nanti anak cucu gue pun bisa ngebaca cerita2 itu tanpa perlu gue dongengin secara lisan. Bibir gue bisa dower 2 km klo cerita segitu banyaknya. Lagipula kapasitas otak gue Cuma 200 kb..


Yah selanjutnya kaya ditulisan sebelumnya,temen sekamar gue @heruariyona demen pinjem buku ke perpus. Saat itu gue liat buku berjudul Kambing Jantan karya Raditya Dika. Dan gue langsung kejang kejang stroke ringan pas abis baca buku tersebut. Akhirnya gue nyari nyari “pinjeman” buku sejenis. Dari Drop Out,Poconggg juga poconggg dan skripshiit. Iya,dari sana gue berpikir. Orang2 tersebut juga berani menulis hal hina dan ngenesnya ke depan public,kenapa gue engga? Bukankah hal hina dan ngenes juga bisa jadi hal yg menyenangkan dan berguna jika dipandang dari sisi lain?dan pastinya hasil tulisan mereka mampu mendatangkan materi dan popularitas..

Gue pun ngeblog untuk bercerita seputar hal ngenes gue selama kuliah. Ya karena otak gue yang mungkin ketaroh dipantat,gue pun kaga ngarti yg namanya blog. Gue sempet posting beberapa cerita,tapi desain nya asal asalan. Tadinya gue mau masukin foto ganteng gue disela sela cerita,eh malah masukin foto anak kingkong nelen setum. Sialnya,yg baca ngira itu foto gue..akhirnya,gue putuskan buat posting cerita gue di facebook. Fb juga kan ada fasilitas notes kaya gitu,lagian temen juga banyak yg punya Fb. Ada juga yg suka bikin notes kaya gitu,termasuk temen sekamar yg bajingan itu. Dia ngebully gue dalam satu catatan,dan akhirnya sampe sekarang malah gue yg suka bully dia...

Selama kurang lebih 2 taun gue rutin ngeblog di Fb, sebenernya hampir nggak ada progress yang bisa dibanggain loh.. Komen sepi. Misal ada komen pun paling dari temen2 sekelas atau temen deket yang gue paksa baca. Dan itupun mereka malah tambah bully gue.  Ada lebih dari 40 post, dan komen yang bisa dihitung pake jari. Iya.. mungkin bagi sebagian orang, baca2 blog (blog walking) masih hal tabu. Lagian cerita (ngenes) gue emang ga bermutu dan ga bisa dipetik pelajaran didalamnya. Jadi ga salah dong klo Cuma sedikit orang yang baca..

Padahal ya,bagi seorang penulis itu ga ada hal yang bisa dibanggain klo orang orang ga mau baca hasil karya nya. Klo ada yang baca apalagi komen,sang penulis akan sangat bangga dan nari gangnam styile pake sempak keliling di tugu Monas. Niat awalnya sih emang bener gue ga peduli klo orang mau baca mau engga tulisan gue. Tapi entah kenapa pas ada orang yg bilang “hey,tulisan kamu bagus deh. Lucu banget,aku selalu baca. Boleh kan klo aku berlangganan baca catatan kamu?”, gue langsung seneng. Seneng banget hasil karya gue diakui dan dihargai..bukanya sombong ya,gue ungkap lagi. Ip gue bisa dikatakan besar untuk ukuran orang yg ga pernah nyatet materi kuliah apalagi memperhatikan dosen mengajar. Terus gue bangga?kaga sama sekali. Soalnya,hasil itu tidak melalui proses sebuah perjuangan. Hasil itu entah darimana datangnya,gue kaga tau..#KarenaGueEmangJenius

Semenjak gue dapet perkataan itu lah, gue jadi pede buat show-off karya gue ke temen2.  Gue sadar, kalo dulu tulisan gue nggak dilirik gara2 gue nulis di Fb dan gue ga bilang ama mereka. Bisa aja mereka ga tau klo gue suka nulis. Akhirnya,setelah posting cerita gue suka sms temen2 dan jika ada waktu luang nyuruh mereka buat baca. Klo buat ngetag catatan gue masih ga enak klo tulisan gue malah nyampah di profil mereka. Padahal,tinggal klik aja berlangganan lo,jadi klo gue posting bakal ada pemberitahuan ke kamunya. Tenang,klo kalian malu sih,gue ga tau kok siapa aja yg berlangganan catatan gue.

Alhamdulilah, setelah hal itu ada beberapa orang yg suka rutin baca catatan gue. Dan bangganya,ada beberapa orang yg bisa dikatakan senior gue yg suka baca. Padahal,mereka kaya yg acuh gitu ama gue,tapi ternyata..gue seneng,walaupun banyak yg ga komen di catatan secara langsung,tapi banyak yg komen melalui media lain. Ada di bbm,sms,ataupun secara langsung. Dari hal itu gue nyadar,ternyata ada beberapa orang yg emang suka baca catatan gue tapi mereka ga mau mengakuinya. Tak apalah,gue sangat menghargai dan bangga ama kalian..

Berkat tulisan itu,yg sebagian orang anggap tulisan gue bagus,ada beberapa orang juga yg bilang “kenapa kamu ga print semua naskah ini dan kasih ke penerbit?kan enak aja klo cerita ini dibikin buku”. Gue langsung diem,duduk bersimpuh di goah selama beberapa hari. Memang,seorang Raditya Dika dan Alitt Susanto mengalami proses kaya yg gue alami sekarang. Mereka suka nulis,banyak yg nyuruh dibikin buku,berjuang nerbitin dan ngejual buku tersebut,dan buah manisnya sekarang mereka dapet materi yg lumayan besar, dikenal banyak orang, jalan jalan ke luar negri,tapi sayangnya sampe sekarang masih sulit mendapatkan pasangan jiwa..

Gue masih tetep medekan didalam goah. Ngujuban kepada leluhur untuk mendapatkan ilham. Setelah beberapa bulan gue bersemedi,gue keluar. Jenggot dan kumis menutupi muka,tanduk dan ekor yang mulai tumbuh,dan bisa dibilang mirip mandah Godzila Uganda kelilipan ring tinju. Satu kata yg dapat gue ambil dari hasil semedi tersebut. “REALISTIS”,itulah kata yg ada dalam benak gue sekarang. Jadi maksudnya gimana?okeh,bakal dibahas dicatatan selanjutnya..*browsing kembali *pulsa dadas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar