Kamis, 28 Februari 2013

Jadi penulis? Realistis aja deh 2


Menyambung catatan tadi ,jadi ada beberapa temen yg nyuruh gue buat nerbitin catatan gue kedalam bentuk buku saku pramuka ._.  . modal gue emang udah ada,banyak catatan yg udah gue buat. Gue harus pisahin dari tema satu ke tema lain,menyusun nya,dan kemudian menjadi naskah yg siap dikirim. Awalnya gue suka nulis tentang kekonyolan kosan bayawak,lanjut ke cerita temen2 deket (yang sama2 jomblo kadaluarsa), tips2 gila,dan puisi (gila) jeritan qolbu sang fakir asmara. Iya,modal gue cuman segitu doang. Cuma beberapa orang yg bilang tulisan gue bagus,dan ada juga temen yg bilang gue ga kreatif. Awalnya gue pengen nyumpahin janda seumur hidup,tapi emang bener juga sih,gue ga kreatif. Padahal menurut gue,ga ada orang yg kreatif klo ga ada orang yg menginspirasi. Balik lagi,iItupun belum diuji oleh orang yang lebih “mengerti” mengenai ilmu tulis menulis. Makanya gue ga pede dalam misi melanjutkan catatan ini kedalam bentuk buku..


Yang gue denger,buat nerbitin naskah ini kita mesti ngeprint semua tulisan ke dalam kertas HVS dan menunggu 4 bulan masa evaluasi. Dalam masa menunggu itu,ada 2 pilihan yaitu naskah diterima atau ditolak. Yap, bukan rahasia umum lagi klo orang yg udah punya nama (artis,presenter,politikus) bisa dg mudah melewati proses ini. Klo buat merica bubuk kaya gue?susah men..nembus penerbit itu susah buat orang baru,kecuali tulisanya emang bener bener dahsyat. Nah masalahnya,sejarah pun mencatat klo seorang Raditya Dika atau Alitt Susanto yg tulisanya digemari banyak orang pun,awalnya mengalami penolakan beberapa kali oleh penerbit. Terus apa kabar tulisan gue ini yang notabener terinspirasi ama mereka?mental gue langsung jatuh..

Okelah,ceritanya gue berhasil nerbitin buku dan gue punya title “penulis”. Terus gue seneng?yang ada mungkin gue ga bakal bisa tidur. Ga munafik ya,saat ini orang orang ga mau beli buku dari hasil karya orang yang sama sekali ga dikenalnya. Lah sedangkan gue?yang dikenal Cuma temen kampus dan tukang gorengan depan gang. Itupun temen kampus gue hanya bisa dihitung dengan jari. Dan tukang gorengan yg selalu nyemburin minyak panas karena ketika gue mau beli,dia udah bangkit dari duduknya ngasih tampang senyum terbaiknya,eh gue malah beli gorengan sebiji,gope. Tetangga kosan alhamdulilah kaga kenal,karena mereka cewe dan gue malu ga bisa balikin pisau pinjeman yg udah rusak. Barudak lembur ? dikampung mana ada toko buku,lagian mereka mana mau menyisihkan uangnya buat beli buku. Mungkin lebih baik pinjem,itupun entah bakal dibaca atau engga. Karena hal tersebut,gue makin takut dan gak pede..

Klo udah gitu,berapa royalty yg bakal didapetin? Iya,secara klo ortu gue pasti langsung mikir kesana. Yg paling penting adalah hasil nyatanya,bukan penghargaan dan prestasi tak terasa yg sangat gue harapkan. Wajar sih,ya klo gue memutuskan buat jadi penulis,gimana cara gue ngerjain skripsi yg bentar lagi gue garap? Bukan rahasia lagi klo seorang Poconggg,dan Alitt bermasalah dg skripsi. Mereka bisa menyelesaikan buku,tapi ga bisa bikin skripsi,ironis. Tapi gue piker,mereka pasti sibuk show karena title mereka sebagai penulis terkenal. Sedangkan gue?biaya yg dikeluarkan ortu buat kuliah pastinya besar sekali. Jadi gue mesti bales itu dengan gagal lulus kuliah tepat waktu gitu?apa kata orang kampong nanti. Penulis itu emang sangat tabu disini,termasuk ortu gue sendiri. Makin sini,makin sini gue jadi makin ga pede..

Ada seorang temen bilang gini “eh,kenapa kamu ga bikin buku tentang perjalanan cinta kamu?ya bisa aja kan klo dia baca mungkin dia terharu dan mau balikan ama kamu”. Masalah terbesarnya,dari mulai nulis sampe sekarang,gue ga pernah minta izin ama si #7tahun. Bisa dibilang,semua tulisan gue tentang dia adalah illegal. Memang sih gue tetep memegang teguh janji pas SMA,jadi gue ga bakal buka jati dirinya. Tapi sebagian orang mungkin tau,dan mungkin juga mereka ngasih tau ke temen2nya. Gue juga gak tau apakah dia tau klo gue suka nulis tentangnya,puisi2 gila buatnya,dan hal lain yg berhubungan denganya. Tapi gue yakin,suatu saat nanti dia bakalan baca catatan gue ini. Dan gue ga tau gimana reaksinya. Kembali ke buku,mungkin tema yg akan gue angkat yaitu tentang perjalanan hidup si #jomblo7tahun yg kemudian menjadi #dutaantimoveon, berkumpul bersama segerombolan bayawak fakir asmara,suka dipojokin temen tak berkeprimove-onan,dan endingnya?gue sama sekali ga tahu. Kalian ga suka kan klo sebuah cerita yg akhirnya menyakitkan?lebih suka ama yg endingnya bahagia kan? Nah yg gue lihat sekarang hubungan gue ama dia tuh…sudahlah,buku itu hanya sebuah impian. Atas dasar semua hal diatas,gue makin makin makin dan sangat ga pede buat nerbitin buku.

JADI LO CUMA MAU BIKIN DOWN TEMAN TEMAN YANG PENGEN MERAIH MIMPINYA GITUH?DASAR KUNYUNYUD LO..HARUSNYA LO MOTIVASI MEREKA BIAR BERHASIL TAU,BUKANYA BIKIN MEREKA TAKUT DAN GAK PEDE!!!

Eits,jangan marah dulu. Semua nya akan jelas klo lo baca catatan gue selanjutnya..okeh,semoga tak jemu untuk membaca. Karena hal pertama yg diperintahkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW adalah “IQRO = BACALAH”. Membaca itu tak harus melulu buku pelajaran,karena sesungguhnya pembelajaran bisa diambil dari mana saja. Termasuk hal yang negative, dimana “mungkin” akan jadi hal yg positif jika kita bisa mengambil sisi yg berbeda.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar