Rabu, 20 Februari 2013

Memories In Ba..Ga Enak Klo Disebut part 6


Pulang ke bandung dan diperjalanan ditransfer si kaka 2 cepe,telat bgt. Mentang mentang gue telat bgt move on. Malu jug ague sebenernya,gak ngasih oleh oleh anak kosan atau barudak lembur. Tapi ya apa daya,uang gue cuman segitu adanya. Gak rasional kan klo gue mesti bobol ATM disana?kaya teroris aja,pake bom bom ga jelas. Oh ya,buat pergi ke monument bom PULAU INDAH YANG PERNAH DIBOM TERORIS TAPI KALIAN BELUM PERNAH KESANA,cukup mengeluarkan biaya 40 ribu naik taksi. Klo ojeg bayar 50 ribu dari penginapan.  Gue?jangan ditanya lagi dah. Foto monument tersebut banyak bgt di internet. Tinggal gue nyuruh koyan buat edit masukin foto gue kesana. Secara dia hacker pototsop,mukanya aja yang kaya karpet angkot bisa berubah jadi chef jana. Dahsyat..

Teringat ama perkataan salah satu dosen yang sering kunjungan keluar kota,kita selalu merengek rengek minta dibawaain oleh oleh. Dengan santai dia menjawab, “nanti saya kasih ilmu nya aja. Itu oleh oleh termujarab,tak kan habis sampai akhir hayat”. Kita semua langsung diam,gue langsung usul,gimana klo kita sekelas patungan buat nanem jenglot dirumahnya. Kere kok so soan sih,alibi terabsurd..

Kali ini gue turutin nasihat tersebut,rasanya seperti menjilat ketek sendiri,aseem. Tadi maki maki,sekarang muja muji. Gak beda lah ama kisah (kebodohan) cinta gue. Yap,oleh oleh gue dari sana yang akan gue kasih ama kalian semua adalah ilmu. Lah,lo kan otaknya segede tongo,mana bisa nampung ilmu?eits,jangan salah. Gini gini jug ague mantan ketua osis pas smp *benerin kerah. Salah satu momen paling memalukan dalam hidup,pemimpin yang tak bisa pidato. Gue curiga,saat itu lidah gue diborgol ama setan suruhan kandidat lainya. *politik tak sehat *lirik sihenpun tak bordering & si cewek yang belum bisa move on selama 7 bulan

Satu pelajaran penting yang dapat dipetik sepulangnya dari sana adalah :
  1. Ini agama ku,mana agama mu?
  2. Ini tempat ibadahku,mana tempat ibadahmu?
  3. Jangan buang angin didalam bus AC,percayalah baunya menyebar dengan sukses 



Yap,masyarakat disana taat banget ama perintah agama nya. Pagi pagi buta udah beribadah,ngasih sesajen ke jalanan,dan beribadah sesuai ajaranya. Mungkin klo gue suka ngerokok,udah gue ambil tuh rokok dalam sesajen. Lumayan kan,banyak rokok gratis dalam sesajen. Resikonya,klo ketahuan pasti gue udah jadi sandera utama upacara ngaben (pembakaran mayat). Entahlah,itu ajaran agama mereka. Kita harus menghargainya,perbedaan itu nyata bentuknya. Tinggal bagaimana kita menyikapinya.

Kedua,gue takjub banget ama rumah disana. Salut deh,mau rumahnya kecil atau besar,disana selalu ada pura (tempat ibadah) didepannya. Jadi tiap hari mereka bisa beribadah dengan gampang. Andai aja yak lo rumah umat muslim didepan nya ada mushala. Eh ga ketah,kan udah ada mesjid biar bisa shalat berjamaah. Sekali lagi itu ajaran mereka yang harus kita hargai.


Karena salut ama peribadatan mereka,gue pun mikir. Apa yang udah gue lakuin ama agama  sendiri ketika si jhon udah ditumbuhi hutan lebat begini?shalat juga kadang masih bolong atau diakhir waktu. Ngaji dan puasa pun sama. Ternyata gue Cuma butiran debu,kadang gue iman seiman imanya,kadang gue lupa selupa lupanya. Klo lagi iman banget gue sampe suka shalat sunah ,puasa sunah,dan ngepel mushala tiap hari. Tapi ya begitulah manusia. Mereka ada kalau ada sesuatu yang diinginkan. Ketika udah berhasil?kadang bersyukur selebihnya lupa. Astagfiraallah al adziim….

Tapi semenjak gue kuliah (karena ingatan gue limit banget),gue selalu berusaha beribadah. Shalat lumayan selalu inget,ngaji paling abis magrib,dan puasa wajib alhamdulilah dikit yang bolong. Seingat gue,baru sekali gue khatam al qur’an dan itupun masih diragukan. Tapi ketika si #henpun tak bordering ngasih kado ultah yang ke 209182374652juta tahun,alhamdulilah pas kuliah gue udah khatam 2 kali,dan sekarang menuju ketiga,dikit lagi. Awalnya gue bingung dia ngasih kado kitab suci,tapi ya itulah maksudnya. Muka gue udah kelihatan kaya pencuri pakaian dalam kali. Klo gak dibaca gue ga enak ama dia,terutama sama Allah SWT…

Dalam perjalanan kesana gue selalu menyempatkan diri untuk shalat. sebelum berangkat gue emang udah konsul ama guru spiritual kelas,ustad ipung and bro khoiril. Gue menjamak dan mengqhasar shalat. karena perjalanan yang termat jauh,jadi wajar lah. Apalagi pemberhentian tak selalu diawal waktu shalat. kadang dzuhur 2 rakaat dan ashar 2 rakaat,kadang magrib dan isya yng digabung. Sebenrnynya ga enak juga sih nyingkat nyingkat shalat kaya gitu,tapi ya sudahlah. Pahala biar Allah SWT yang membalasnya. Amiiin..

Al qur’an pun gue bekal saat perjalanan kesana. Bukan sebagai aksesoris,tapi gue emang berniat buat baca. Karena takut orang mikir yang engga engga tentang gue (misalnya pengen dipuji atau makin ganteng banget ketika ngaji),gue selalu mengaji ditempat sepia tau mesjid. Di bus juga pernah,tapi saat itu orang orang sedang pada mandi,tidur,dan yang lainya menahan lapar (itu gue).

Bukan bermaksuk buat ngomen,tapi gue denger ada temen yang ultah disana dan nraktir temenya ke café abis 7 juta. Wajar sih,makanan disana emang mahal. Yang ga wajarnya mereka itu mabok ketika subuh pulang penginapan. Tau lah apa yang mereka lakukan dimalam hari. Gue juga diajak kok,tapi gue males karena pasti bakal diajak gituan. Beda lagi ama temen gue,diajak shalat dia belum mau. Prinsipnya,klo udah hapal asmaul husna,dia bakalan masuk surge. Begitupun klo jumatan,diajak malah nunggu minggu ketiga dulu. Secara klo udah 3x ga jumatan,mereka bakal dianggap keluar dari agama ini.

Yap,mungkin oleh oleh yang dapat gue berikan emang ga ada. Tapi ilmu yang gue berikan Cuma satu,”shalatlah sebelum kamu disalatkan. Beribadahlah kepadaNYA,klo Cuma makan babi hutan juga makan.”(lihat plang dijalan tentunya). Oh ya,makanan disana semuanya pake babi lo. Jadi kita mesti pintar pintar cari yang berlebel halal,gak kaya temen gue yang ngajak buat nyobain. Meeeeh..

Terakhir,buat kamu yang disana,jika kamu ingin mempunyai pacar ikhwan,carilah,dapatkanlah,dan bahagialah. Gue disini bukan ga mau jadi ikhwan,tapi ya kalo beribadah kan ga usah digembor gemborin. Gak perlu semua orang tau. Cukup kita dan Allah SWT yang mengetahui. HEH KIJANG KENCANA,AI NU DITULIS DILUHUR NAON AI SYIA?LAINA ETA THE RIA?ALAH DASAR BATU NISAN SIAH…oke sip,lupakan. Ambil yang baik,buang yang buruk. Salam #jomblo7tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar